Artikel kali ini akan membahas tentang social engineering dan cara menghindarinya. Bagi kalian semua yang belum mengetahui, simak panduan dibawah ini:

Apa itu Social Engineering?

Social Engineering adalah seni memanipulasi orang sehingga mereka memberikan informasi rahasia. Jenis-jenis informasi yang dicari oleh penjahat ini dapat bervariasi, tetapi ketika individu menjadi sasaran, para penjahat biasanya mencoba menipu Anda agar memberi mereka kata sandi atau informasi bank Anda, atau mengakses komputer Anda untuk secara diam-diam menginstal perangkat lunak berbahaya – yang akan memberi mereka akses ke Anda kata sandi dan informasi bank serta memberi mereka kontrol atas komputer anda.

6 jenis serangan Social Engineering

1. Umpan

Jenis rekayasa sosial ini tergantung pada korban yang mengambil umpan, tidak berbeda dengan ikan yang bereaksi terhadap cacing pada kail. Orang yang menggantung umpan ingin membujuk target untuk mengambil tindakan.

2. Phishing

Phishing adalah cara terkenal untuk mengambil informasi dari korban yang tidak disadari. Meskipun terkenal, tetap cukup sukses. Pelaku biasanya mengirim email atau teks ke target, mencari informasi yang dapat membantu dengan kejahatan yang lebih signifikan.

3. Peretasan email dan kontak spamming

Sudah menjadi sifat kita untuk memperhatikan pesan dari orang yang kita kenal. Beberapa penjahat mencoba mengambil keuntungan dari ini dengan memerintahkan akun email dan daftar kontak akun spam.

4. Dalih

Dalih adalah penggunaan dalih yang menarik – atau taktik – untuk menarik perhatian seseorang. Setelah cerita mengaitkan orang tersebut, penipu mencoba menipu calon korban agar memberikan sesuatu yang bernilai.

5. Quid pro quo

Penipuan ini melibatkan pertukaran – saya memberi Anda ini, dan Anda memberi saya itu. Penipu membuat korban percaya itu adalah pertukaran yang adil, tapi itu jauh dari kasus, karena cheat selalu keluar di atas.

6. Vishing

Vishing adalah versi suara phishing. “V” adalah singkatan dari voice, tetapi sebaliknya, upaya penipuannya sama. Penjahat menggunakan telepon untuk menipu korban agar menyerahkan informasi yang berharga.

 

Yoyok

By Yoyok

Pecinta Cofe☕

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *